Asuransi di Indonesia

Asuransi di Indonesia –  Seiring meningkatnya permintaan dan pertumbuhan pasar asuransi di Indonesia, aset asuransi konvensional meningkat tajam. Namun pemain pada pasar asuransi ini masih tergolong terbatas, terdapat 10 perusahaan suransi jiwa terbesar di Indonesia yang mendominasi pangsa pasar sektor asuransi jiwa di Indonesia. Berdasarkan laporan keuangan di tahun 2017, aset gabungan dari 10 perusahaan asuransi terbesar ini mampu mencapai Rp. 356,4 triliun.

asuransi terbarik di indonesia, asuransi terbaik 2019, merek perusahaan asuransi

Otoritas jasa keuangan juga mencatat jumlah aset yang dimiliki oleh perusahaan – perusahaan asuransi ini mencapai Rp.512,9 triliun. Artinya pangsa pasar yang dimiliki oleh para perusahaan besar tersebut mencapai 69,4%.

10 Perusahaan Asuransi Terbesar di Indonesia

Adapun 10 perusahaan asuransi terbesar di Indonesia dengan aset terbesar berdasarkan data di tahun 2017 diantaranya; PT Prudential Life Assurance, PT Asuransi Jiwasraya, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT AIA Financial, PT Asuransi Allianz Life Indonesia dan PT Axa Mandiri Financial Services.

Diikuti oleh PT Indolife Pensiontama, PT Asuransi Simas Jiwa, PT Asuransi Jiwa Sequis Life dan PT BNI Life Assurance.

PT. Prudential Life Insurance
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1995 yang merupakan bagian dari Prudential Plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan asal Inggris.

Prudential plc sendiri telah memiliki pengalaman lebih dari 168 tahun didalam industri asuransi jiwa. Dengan berdasarkan pengalaman tersebut Prudential Life Insurance dibuka di Indonesia. Sejak peluncuran jenis asuransi unitlink yang merupakan jenis asuransi investasi di tahun 1999, Prudential masih menjadi pemimpin pasar di Indonesia untuk kategori produk tersebut.

Prudential juga memiliki beragam jenis produk dan layanan asuransi yang bertujuan memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia. Prudential juga mendirikan unit bisnis syariah di tahun 2007 dan semenjak didirikannya, unit bisnis ini telah memimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia.

Prudential di Indonesia melayanai lebih dari 2,4 juta nasabah melalui lebih 260.000 agen berlisensi di 399 Kantor pemasaran mandiri di seluruh Indonesia.

PT. Asuransi Jiwasraya
Sejak berdiri pada 31 Desember 1859 dengan nama Nederlansche Indische Levenverzekering en Lijvrente Maatschappij(NILLMIJ), kemudian beralih menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada 1973, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terus mengalami dinamika dan perkembangan bisnis yang positif.

Hal itu, tentu tak lepas dari kejelian manajemen Jiwasraya dalam menyiasati perkembangan zaman dengan produk-produk yang kompetetif di setiap situasi dan kondisi. Sebagai asuransi ternama dan berpengalaman di Indonesia, Jiwasraya tetap menjadi pemain yang diperhitungkan dalam percaturan industri asuransi jiwa di negeri ini.

Perusahaan ini menunjukkan kemajuan yang signifikan tidak hanya dari segi bisnis namun juga dari segi layanan dan inovasi. Saat ini kantor Jiwasraya memiliki jaringan yang terdiri atas 17 kantor regional, 71 kantor cabang, serta 412 kantor area dengan dukungan 10.000 agen.

PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia
Perusahaan asuransi ini didirikan pada tahun 1985. Merupakan bagian dari Manulife Finanical Cooporation, yang merupakan grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang beroperasi di asia, Kanada dan Amerika Serikat.

Perusahaan asuransi ini menawarkan berbagai layanan keuangan termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan asuransi kesehatan serta layanan investasi dan dana pensiun kepada nasabah perorangan maupun bagi pelaku bisnis serta usaha di Indonesia.
Manulife melayani lebih dari 2,3 juta nasabah di seluruh Indonesia.

PT. AIA Financial
Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas jasa keuangan. AIA merupakan anak perusahaan AIA Group yang merupakan PT AIG Life yang berubah nama pada tahun 2009.

PT Asuransi Allianz Life Indonesia
Allianz di Indonesia didirikan pada tahun 1989 yang merupakan perusahaan asuransi umum. Pada tahun 1996 asuransi Alliaz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan nama baru yaiur PT. Asuransi Allianz Life Indonesia.

Alliaz kini memiliki 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dengan 100 kantor pemasaran di 53 kota di Indonesia.

PT Axa Mandiri Financial Services
Ketika didirikan di tahun 2004 perusahaan axa mandiri services langsung memiliki unit bisnis asuransi jiwa, pendirian unit bisnis ini sukses sehingga mereka melanjutkan membangun unit bisnis asuransi umum lainnya di tahun 2011.

Hingga kini Axa mandiri telah memiliki layanan asuransi yang lengkap dan terus berfokus untuk menyediakan berbagai solusi sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh nasabah, baik layanan keuangan, investasi maupun perlindungan jiwa dan aset.

Axa merupakan bagian dari axa group yang melayani lebih dari 103 juta nasabah di 64 negara. Axa diakui oleh interbrand sebagai merk asuransi nomor satu di dunia selam delapan tahun berturut – turut 2009 – 2016.

PT Indolife Pensiontama
PT. Indolife Pensiontama merupakan perusahaan yang bergerak dibidang asuransi jiwa dan dana pensiun, memulai bisnisnya pada tahun 1991 melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor KEP 585/KM.13/1991. Sebagai anggota kelompok usaha Salim Grup yang berpusat di Jakarta, PT. Indolife Pensiontama dikenal memiliki kondisi keuangan yang kuat dan komitmen pelayanan yang prima bagi nasabahnya.

Beroperasi atas dasar prinsip kehati-hatian dan soliditas manajemen yang arif, PT. Indolife Pensiontama berkembang dan bertahan didalam kancah kompetisi lembaga keuangan yang ketat.

Keunggulan PT. Indolife Pensiontama yang menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan usahanya adalah low cost company, kemampuan untuk membuat program-program asuransi yang memberikan perlindungan bagi para nasabahnya, serta perlindungan finansial yang optimal. Selain itu, ketepatan waktu dan kemudahan dalam penyelesaian klaim serta mampu menyelesaikan segala tantangan memberikan andil yang besar dalam menjaga kepercayaan nasabah selama ini.

PT Asuransi Simas Jiwa
Perusahaan asuransi ini didirikan pada tahun 1995, dengan nama PT. Asuransi Simas Jiwa, yang bergerak dalam unit bisnis jasa keuangan asuransi jiwa. Asuransi ini hadir untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat dengan perlindungan bernilai ekonomis pribadi dan keluarga. Perusahaan ini mengedepankan inovasi dan manfaat produk dan juga mengembangkan teknologi untuk memberikan layanan maksimal bagi setiap nasabah di Indonesia.

PT Asuransi Jiwa Sequis Life
Perusahaan ini berdiri pada tahun 1984 dengan nama PT.Universal Life Indonesia (ULINDO) dibawah naungan Gunung Sewu. Pada tahun 2003 perusahaan mengganti namanya menjadi Sequis Life yang berfokus pada pelayanan pada nasabah individu atau kelompok. Hingga akhir 2017 perusahaan ini memiliki lebih dari 410.00 polis dan 14.500 agen pemasaran profesional. Perusahaan ini juga terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

PT BNI Life Assurance
PT BNI Life Insurance (BNI Life) merupakan perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai produk asuransi seperti Asuransi Kehidupan (Jiwa), Kesehatan, Pendidikan, Investasi, Pensiun dan Syariah.

Dalam menyelenggarakan kegiatan usahanya, BNI Life telah memperoleh izin usaha di bidang Asuransi Jiwa berdasarkan surat dari Menteri Keuangan Nomor 305/KMK.017/1997 tanggal 7 Juli 1997. Pendirian BNI Life, sejalan dengan kebutuhan perusahaan induknya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, untuk menyediakan layanan dan jasa keuangan terpadu bagi semua nasabahnya (one-stop financial services).

Dengan membaca sejumlah profil singkat dari perusahaan asuransi terbesar di Indonesia yang telah disebutkan di atas, dapat dijadikan sebagai referensi Anda dalam memilih perusahaan asuransi yang terpercaya.

Namun dasar pemilihan yang harus turut Anda pertimbangkan adalah mengenai polis asuransi yang ditawarkan, mengenai jumlah premi yang harus Anda bayarkan dan manfaat yang ditawarkan. Sebelum memilih suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, sangat bijaksana apabila Anda membaca dan memahami baik – baik isi polis tersebut. Karena asuransi umumnya dalam jangka waktu yang tidak pendek dengan besaran premi yang tidak sedikit.