Mengenal Asuransi Motor

Mengenal Asuransi Motor -Asuransi merupakan salah satu solusi perlindungan jika terjadi musibah atau hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya mobil, terdapat juga program asuransi untuk sepeda motor. Salah satu kegunaan asuransi adalah perlindungan terhadap situasi ekonomi Anda. Dengan adanya asuransi, risiko seperti ketika terjadi kecelakaan, kerusakan serta kehilangan. Risiko tersebut dapat ditangani oleh asuransi, dengan menyediakan perbaikan serta biaya penggantian untuk kehilangan yang Anda rasakan.

Mengenal Asuransi Motor,
Mengenal Asuransi Motor

Ketika memilih asuransi motor ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengambil polis yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan asuransi.

Ketahui Jumlah Premi Yang Disanggupi

Premi merupakan biaya yang wajib dibayarkan oleh nasabah pemegang polis ketika memutuskan untuk membeli dan menggunakan sebuah produk asuransi. Karena jumlahnya yang relatif kecil biasanya premi untuk asuransi motor dibayarkan setahun sekali. Namun jika motor diperoleh dengan cara kredit, maka jumlah premi akan disesuaikan dengan tenor kredit.

Memilih asuransi harus sesuai dengan kemampuan finansial yang Anda miliki. Jangan sampai pembayaran premi memberatkan finansial Anda dan mengurangi kemampuan pembiayaan kebutuhan lainnya.

Premi Asuransi Motor

Cara sederhana menghitung premi adalah sebagai berikut:
Misalkan premi asuransi yang akan dikenakan adalah 2,5% yang mana harga kendaraan OTR (on the road) adalah Rp.20 juta maka jumlah premi yang harus dibayar adalah;

Besar Premi dikalikan dengan OTR motor: 2,5% x Rp.20.000.000 ═ Rp. 500.000.

Jika terdapat biaya lain, misalnya biaya administrasi, maka maka biaya lain tersebut ditambahkan ke jumlah premi awal. Hasil akhir merupakan jumlah premi yang harus dibayar.

Selain jumlah premi, jumlah klaim juga sangat memengaruhi keputusan pemilihan asuransi.
Berikut adalah cara menghitung nilai klaim:
Harga OTR motor – (Nilai penyusutan per tahun x harga OTR motor)
Rp20.000.000 – (10% x Rp20.000.000 = Rp18.000.000

Sesuaikan Dengan Kebutuhan
Memilih asuransi tidak hanya melihat dari jumlah premi yang harus dibayar dan jumlah klaim yang akan diterima. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan motor Anda. Beberapa kondisi yang harus dipertimbangkan dengan melihat kondisi motor Anda diantaranya, jenis motor, usia dan nilai jual motor tersebut.

Pingin tahu asuransi mobil Allianz

Asuransi Motor Terbagi Menjadi Dua Jenis
Asuransi Gabungan (comprehensive) yang merupakan layanan asuransi yang menjamin hampir seluruh kerusakan pada kendaraan. Kerusakan tersebut mencakup kecelakaan kecil atau besar.

Jenis kedua yaitu asuransi TLO (total lost only), jenis asuransi ini hanya melindungi kendaraan Anda dari kerusakan 75% atau kehilangan akibat tindakan kriminal misalnya pencurian dan penggelapan.

Melihat jenis asuransi diatas, sesuaikan lah dengan kebutuhan Anda. Jika motor Anda jarang digunakan sebaiknya menggunakan asuransi TLO, sebaliknya jika motor Anda masih baru dan sering digunakan. Gunakanlah asuransi gabungan yang lebih sesuai.

Pilih Perusahaan Asuransi Yang Kredibel
Jangan mudah tertipu dengan pengembalian klaim yang tinggi dengan premi yang rendah. Zaman teknologi yang canggih ini sangat mudah memalsukan data palsu serta membentuk perusahaan palsu. Agar tidak tertipu, pilihlah perusahaan asuransi yang memang terdaftar resmi dan telah memiliki reputasi yang baik. Dapatkan kemungkinan rekomendasi dari keluarga, teman dan dealer terdekat Anda.

Kemudahan Proses Klaim
Kemudahan proses pengajuan klaim merupakan salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Apakah syarat yang dibutuhkan mudah, apakah terlalu bertele – tele atau masih dalam batas normal. Pertimbangkan hal tersebut sebelum memilih perusahaan yang ingin Anda gunakan.

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu, banyaknya cara mengajukan klaim. Misalnya klaim dapat diajukan secara online, telepon atau dengan kunjungan langsung ke kantor asuransi terdekat.

Selain hal diatas, Anda juga harus memikirkan layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut. Layanan tersebut misalnya, ambulans, mobil derek dan call center 24 jam. Tentunya semakin banyak layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut maka kemungkinan adanya biaya tambahan pada saat kejadian klaim diajukan akan semakin kecil.

Jumlah Bengkel Rekanan
Jika terjadi kerusakan pada motor Anda, motor tersebut akan dibawa kebengkel rekanan perusahaan asuransi untuk diperbaiki. Jika bengkel rekanan yang dimiliki perusahaan asuransi tersebut banyak, maka proses akan semakin mudah dan proses klaim juga akan lebih cepat dan mudah. Mengenai lokasi bengkel yang menjadi rekanan perusahaan asuransi juga harus menjadi bahan pertimbangan Anda.
Dengan mempertimbangkan beberapa hal yang telah kami sebutkan diatas, kami harapkan Anda dapat memutuskan memilih produk asuransi yang paling cocok untuk kondisi Anda dan motor Anda.